Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berapa Biaya S2 Universitas Terbuka? Simak Selengkapnya!

Barangku.id - Semakin ke sini, muncul semakin banyak orang yang lebih tertarik kuliah S2 tapi di Universitas Terbuka. Namun banyak yang tidak tahu soal biaya S2 universitas terbuka agar nanti disesuaikan dengan modalnya.

Untuk sekolah atau kuliah di Universitas Terbuka untuk Strata 2 ini, tentu ada banyak persiapannya. Jika kamu ingin tahu seberapa banyak biaya yang harus dikeluarkan nantinya, maka simak penjelasan di sini:

Sekilas Tentang Universitas Terbuka

Biaya S2 Universitas Terbuka
Biaya S2 UT

Sebelum mengenali soal biaya S2 universitas terbuka yang memang tepat, kamu harus tahu dulu tentang Universitas Terbuka. Universitas Terbuka ini menawarkan banyak jenjang pendidikan yang bisa dicoba, mulai S1 sampai dengan S2.

Bagi kamu yang mungkin baru mendengar nama universitasnya, maka kenali bahwa universitas ini bisa untuk siapa saja nantinya. Termasuk untuk beberapa siswa yang ternyata hanya sebatas memiliki ijazah SLTA namun ingin masuk ke perguruan tinggi.

Hal yang menarik dari universitas ini juga ada pada tidak ada batasan usia bagi mahasiswanya. Tak hanya itu, begitu pula dengan tidak adanya ujian masuk tanpa adanya batasan untuk waktu belajar.

Nantinya mahasiswa yang belajar di sini bisa tidak bertemu langsung dengan dosen atau pengajar yang ada. Ada juga beberapa program yang menarik dimulai dari pengiriman diktat brosur atau mungkin dengan strategi lainnya.

Mengapa Memilih S2 Universitas Terbuka?

Kali ini, akan dijelaskan mengenai apa saja hal yang menjadi alasan untuk memilih Universitas Terbuka. Bagi yang membutuhkan alasan untuk mempertimbangkan dalam memilihnya, simak dahulu di sini:
  • Kuliah di sini tentu saja lebih mudah bagi beberapa orang yang sedang bekerja sehingga waktunya lebih mudah diatur dan fleksibel.
  • Setiap mahasiswa tidak perlu menghadiri perkuliahan secara langsung di tempat dan bisa memilih metode yang aman dengan fleksibel dan secara online.
  • Ada banyak metode pembelajaran yang bisa dicoba di sini oleh mahasiswa termasuk dengan berbagai metode yang dinamis dalam jangka yang lama.
  • Jangan khawatir, ada banyak jurusan yang juga bisa dipilih nantinya. Termasuk untuk beberapa mahasiswa yang ingin mencoba kuliah untuk S2

Biaya untuk S2 Universitas Terbuka

Jika kamu tertarik untuk kuliah di sini, maka kenali terlebih dahulu tentang biaya S2 universitas terbuka. Ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan dan direncanakan sejak awal, simak beberapa detailnya di sini:

1. Tes Masuk dan SPP

Biaya yang pertama ini tentu saja adalah berkaitan erat dengan biaya untuk mengikuti tes masuk. Jika sedari awal kamu ingin mengikuti tes masuk, maka perlu biaya yang dimulai dari sekitar Rp500 ribu.

Selain itu, untuk biaya yang lainnya, yang diperuntukkan SPP, biasanya dimulai dari harga yang jutaan Rupiah. Untuk membayar SPP, maka bisa dimulai dari Rp7,45 juta untuk dibayarkan per semester ke pihak universitas.

2. Biaya untuk Program Matrikulasi

Kemudian ada sebuah program yang khusus yang dikenal dengan matrikulasi yang diperuntukkan mahasiswa yang baru. Tak hanya untuk mahasiswa yang masih menempuh S1 saja, namun juga untuk menempuh Strata 2.

Biasanya untuk program ini memerlukan uang yang lebih murah dan terjangkau untuk dibayarkan ke universitas terbuka. Untuk ingin membayar biaya ini, maka biasanya dimulai dari Rp100 ribu untuk tiap SKS yang dipilih.

3. Biaya Sidang Tugas Akhir

Ada juga biaya yang khusus yang lainnya yang bisa dicoba dan dibayarkan ke pihak universitas. Kali ini, biaya yang dibayarkan adalah biaya untuk mengikuti sidang tugas akhir yang memang lebih penting.

Biaya untuk mengikuti sidang tugas akhir ini memang tidak murah, biasanya dimulai dari Rp6 juga. Selain itu, biaya tersebut sudah dipadukan dengan semua isi dari programnya bahkan transportasi dan pemeriksaan hasil akhirnya.

4. Biaya Registrasi Mata Kuliah

Sementara itu, beda dengan biaya yang lainnya yang dikhususkan untuk registrasi baru untuk mata kuliah. Biasanya untuk registrasi baru ini dimulai dari biaya Rp1 juta untuk satu mata kuliah saja.

Meski begitu, beberapa mata kuliah mungkin memerlukan biaya yang berbeda terutama pada satu semester sama. Selain itu, bisa saja harganya bervariasi tergantung pada lokasi dari universitas terbuka yang sudah dipilih.

5. Biaya Lulus atau Wisuda

Terakhir, biaya yang harus kamu perhatikan adalah biaya yang dikeluarkan mahasiswa untuk mengikuti wisuda di universitasnya. Untuk biaya wisuda di universitas terbuka ini bisa dibilang tidak mahal, namun bisa mencapai jutaan Rupiah.

Untuk melakukan proses wisuda, maka bisa dimulai dengan mengeluarkan uang Rp1 juta untuk proses seluruhnya. Jika semua biaya sudah disiapkan, maka nanti proses kelulusan dan wisuda bisa berjalan dengan baik.

Demikian penjelasan dari biaya S2 universitas terbuka yang harus kamu ketahui oleh setiap mahasiswa sebelum mencoba. Dimulai dari biaya untuk melakukan ujian tes masuk atau mungkin sampai ke sidang dan wisuda.