Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul Di Aplikasi

 Penyebab Kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul - Di zaman teknologi ini, marketplace menjadi salah satu cara untuk berbelanja secara online.

Terlebih lagi di zaman pandemi covid ini, kita di haruskan untuk stay at home. Sehingga marketplace menjadi satu satunya cara agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Salah satu marketplace yang kita kenal ialah shopee. Shopee memberikan berupa fitur yang namanya shopee paylater.

ShopeePayLater sebagai fitur kredit atau angsuran barang berbelanja yang disiapkan oleh Shopee ke pemakai setianya. 

Penyebab kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul Di Aplikasi
Penyebab kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul Di Aplikasi

Dengan manfaatkan service Shopee PayLater, pemakai dapat lakukan checkout barang yang diharapkan dan dibayarkan setelah itu. 

Pola pembayarannya sendiri lumayan menarik, yaitu angsuran dengan bunga 0% bila pilih tempo 1 bulan, dan cuman dikenai bunga yang lumayan kecil bila pilih periode waktu angsuran lebih satu bulan.

Namun, feature Shopee PayLater ini rupanya tidak ada di semua program Shopee pemakai. Shopee cuman akan memberi feature ini ke pemakai yang sudah penuhi persyaratan dan ketetapan saja. 

Berkaitan beberapa hal yang perlu disanggupi pemakai untuk munculkan feature ShopeePayLater di program Shopee, berikut akan kami terangkan detilnya.

Sehingga ada beberapa orang yang heran, kenapa shopee paylater tidak muncul di aplikasi android?

Penyebab kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul

Dalam menentukan patokan calon pengguna yang dapat menikmati SPayLater, pihak Shopee selaku penyelenggara menentukannya bareng dengan sumber dananya.

Namun sayangnya,  tolok ukur pengguna yang dapat menikmati cicilan Shope PayLater sampai dikala ini masih belum niscaya.

Shopee cuma menawarkan isyarat untuk sering membeli di Shopee supaya ada kesempatan untuk memakai Shopeee PayLater.

Terkait problem kenapa Shopee PayLater tidak muncul di aplikasi, kamu perlu mengecek beberapa penyebab dan solusinya dengan membaca list dibawah ini.

1. Akun Shopee Masih  Baru (New Account)

Penyebab kenapa shopee paylater tidak muncul di aplikasi yang pertama ialah karena akun masih baru. Pada ketika membuat akun Shopee baru dan mulai membeli, pastinya kamu belum mampu memilih metode pembayaran SPayLater.

Hal ini dikarenakan, Shopee masih membutuhkan langkah-langkah “Validasi” untuk memutuskan bahwa akun benar – benar “Verified” dan sanggup menerima amanah.

Mengapa?

Karena PayLater ini merupakan salah satu tata cara dengan melakukan cicilan di Shopee yang memerlukan keseriusan bagi para pengguna dalam memanajemen keuangan untuk melunasi cicilan / tagihan.

Hal itulah yang menyebabkan PayLater tidak muncul dikala checkout di akun kamu yang terbilang baru di daftarkan.

2. Belum Memiliki Riwayat Transaksi Rutin

Faktor kedua yang “mungkin” menjadi penyebab Shopee PayLater tidak muncul di aplikasi adalah  tidak adanya riwayat transaksi di akun Shopee beberapa hari ke belakang.

Riwayat transaksi ini bisa berupa :
  • Pembelian produk secara rutin.
  • Pembuatan toko / dagangdi Marketplace Shopee.
  • Tidak memakai sistem cicilan lain mirip Shopee Pinjam, Kredivo atau Akulaku.

Seperti dilansir dari halaman website resmi marketplace Shopeee, bahwa kamu mesti meningkatkan pembelian di aplikasi Shopee supaya masuk dalam persyaratan “Pengguna terpilih” yang dapat menikmati cicilan Shopeee PayLater.

3. Akun Shopee Belum Verifikasi Identitas

Untuk mendapatkan fitur Shopee seperti ShopeePay, Shopeee PayLater hingga Shopee Pinjam, pengguna mesti memverifikasi data langsung di akun Shopee.

Data – data yang mesti dilengkapi antara lain :

  • Nama lengkap.
  • NIK sesuai KTP.
  • Kartu Identitas (KTP, KITAS, SIM atau KK)
  • Foto Selfie + KTP.

Panduan verifikasi identitas Shopee ini bisa kau baca lebih lengkap.

Selain itu, ada juga verifikasi Email dan Nomor HP berupa aba-aba OTP (One Time Password).

Perlu kau pahami, pengguna yang belum melakukan verifikasi Shopee atau belum melengkapi data pribadinya, kemungkinan besar tidak akan menerima fitur Shopeee  PayLater di lalu hari.

Oleh karena itu, jika kamu ingin memunculkan fitur SPayLater, silahkan lengkapi data diri Kamu sesuai KTP Kamu.

4. Loyalti Shopee Belum Tercapai

Penyebab shopee paylater tidak muncul yang selanjutnya diabitkan karena loyalti yang belum tercapai. Terdapat juga pengguna yang mengatakan Shopeee PayLater tidak bisa dipakai di toko tertentu karena belum menyanggupi Loyalti “Gold” member. Tentunya fakta ini bisa benar bisa juga salah.

Pihak Shopee sendiri tidak pernah menyebutkan patokan loyalty untuk memunculkan Shopee PayLater di Aplikasi. Tapi yang pasti, loyalty akun Shopee akan meningkat seiring dengan kenaikan rutinitas belanja akun Shopee.

Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi
Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi

Oh ya, penjelasan lengkap tentang jenis – jenis loyalty Shopee dan keuntungannya sudah aku ulas secara lengkap.

Jika menurut pengalaman penulis, Fitur Shopeee PayLater ini bisa muncul ketika level loyalty akun milikmu sudah silver.

Tapi ini bukan acuan, karena jumlah transaksi bukan satu-satunya faktor yang menjadikan Shopeee PayLater tidak muncul di aplikasi pembayaran.

5. Akun Shopee Terkena Penalti

Pernahkah temen-temen mendengar perumpamaan akun Shopee dibatasi? Atau yang lebih kita kenal dengan sebutan moderasi akun Shopee.

Yap, akun Shopee yang terkena penalty juga menjadi penyebab kenapa shopee paylater tidak muncul di aplikasi. Salah satunya adalah sistem pembayaran Shope PayLater ini.

Beberapa acuan aktivitas mencurigakan di akun Shopee diantaranya ;

  • Sering membatalkan pesanan
  • Melakukan FO (Fake Order)
  • Sering membatalkan pesanan tanpa konfirmasi ke penjual.
  • Login akun Shopee di beberapa perangkat.

Nah kamu bisa tentukan sendiri apakah akun Shopee-mu sedang dalam pembatasan lewat email atau notifikasi di aplikasi Shopee.

Jika akun Shopee sedang dibatasi alasannya adalah melanggar kebijakan, kamu mampu memulihkannya terlebih dahulu.

6. Kemampuan Finansial Pengguna

Aplikasi Shopee dilengkapi dengan credit scoring secara otomatis yang diambil dari data di ponsel kalian semua selaku pengguna shopee. Tujuannya adalah untuk mengetahui secara singkat kesanggupan finansial pengguna.

Selain itu, riwayat transaksi seperti tingkat rutinitas pengguna menggunakan sistem cicilan lain mirip Akulaku, Kredivo hingga kartu kredit di Shopee juga dapat menjadi argumentasi apakah pengguna pantas mendapatkan fitur Shopee PayLater.

Tentunya hal ini mesti disertai dengan pembayaran cicilan / tagihan tepat waktu untuk metode cicilan yang diseleksi.

7. Belum Update Akun Shopee

Tidak mengupdate aplikasi Shopee ke versi terbaru juga mampu menyebabkan beberapa fitur Shopee tidak muncul. Salah satunya yaitu fitur Shopee PayLater.

Oleh sebab itu, pastikan sebelum kamu akses aplikasi shopee, cek pembaharuan aplikasi Shopee di Google Playstore atau AppStore secara terpola. Fungsinya untuk menentukan akun Shopee berada pada versi modern.

8. Chache Aplikasi Terlalu Banyak

Penyebab Shopee PayLater tidak muncul di aplikasi yang digunakan di beberapa toko Shopee dapat disebabkan oleh Chache aplikasi yang telah menumpak dan tidak dibersihkan secara berkala.

Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi
Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi

Chache sendiri ialah memori penyimpanan sementara yang dipakai untuk menyimpan acara – kegiatan terkini pengguna di aplikasi Shopee.

Nah jika kamu telah final menggunakan aplikasi Shopee, sebaiknya hapus chache aplikasi melalui pengaturan aplikasi ponsel.

9. Shopee PayLater Terkunci

Menu Shopee PayLater dikunci sebab dilema keamanan dapat disebabkan oleh acara mencurigakan pada akun dan transaksi Shopee PayLater mirip :

  • Shopee mendeteksi adanya percobaan hack pada akun Shopee PayLater kau. Sehingga pihak dari Shopee pribadi bertindak dengan cara menguncinya.
  • Login akun Shopee di dua perangkat atau memakai emulator juga menjadi penyebab kenapa akun SPayLater kamu dikunci, alasannya adalah itu melanggar ketentuan dari pihak Shopee.
  • Terjadi aktivitas mencurigakan dengan tujuan menguntungkan eksklusif.
Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi
Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi

Oleh alasannya itu, pastikan akun Shopee kamu aman dengan menyingkir dari tiga faktor penyebab sajian Shopee PayLater dikunci diatas.

10. Akun Shopee Belum Berusia 3 Bulan

Penyebab shopee paylater tidak muncul yang terakhir ialah akun milikmu belum mencapai 3 bulan. Beberapa pengguna Shopee juga mengatakan bahwa fitur Shopee PayLater gres akan timbul sehabis akun shopee aktif sekurang-kurangnya3 bulan sehabis didaftarkan. Fakta ini juga belum mampu dibilang “Valid”.

Tetapi, berkaca dari pengalaman beberapa mitra Shopee yang telah mengalaminya, maka penyebab SPaylater tidak timbul di aplikasi ini aku masukkan delam list

Tapi ingat, akun shopee yang sudah aktif lebih dari 3 bulan juga tidak memilih fitur Shopee Paylater ini muncul di metode pembayaran dikala checkout.

Tetapi yang pasti, kau mesti tetap berkala melakukan transaksi di akun Shopee sembari menunggu akun Shopee berusia minimal 3 bulan semenjak didaftarkan.

Cara Memunculkan Shopee Paylater

Kemudian, bagi para pengguna Shopee yang sudah memenuhi persyaratan di atas namun fitur pelayanan Shope Paylater tidak juga muncul maka kami akan menunjukkan penyelesaian lainnya. Adapun langkah-langkah penanganannya, sebagai berikut:

Bagi Pengguna Android

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee
  2. Selanjutnya masuk ke halaman “Saya”
  3. Silahkan pilih “Pengaturan Akun”
  4. Lalu pilih “Informasi”
  5. Silahkan pilih “Bersihkan Cache” dan dilanjutkan dengan memilih hidangan “Ya”.

Bagi Pengguna iOS

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee
  2. Kemudian masuk ke halaman “Saya”
  3. Silahkan pilih sajian “Pengaturan Akun”
  4. Lalu pilih menu “Tentang”
  5. Silahkan pilih sajian “Hapus Cache”.

Penutup

Jika kamu sedang mengalami error aplikasi shopee, setidaknya ada 10 tips yang bisa kamu analisa. Apakah itu error pada aplikasi, perangkat atau bahkan user  nya.

Cukup sekian artikel yang singkat ini mengenai penyebab kenapa shopee paylater tidak muncul di aplikasi.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel dari website barangku.id.

Post a Comment for "Penyebab kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul Di Aplikasi"